Logo Bloomberg Technoz

Ikuti Langkah Turki, Hungaria Dukung Keanggotaan Swedia di NATO

News
11 July 2023 18:03

Pertemuan NATO di Vilnus, Lithuania (Sumber: Bloomberg)
Pertemuan NATO di Vilnus, Lithuania (Sumber: Bloomberg)

Andras Gergely - Bloomberg News

Bloomberg, Hungaria mendukung keanggotaan Swedia di Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Menteri Luar Negeri Peter Szijjarto pada Selasa (11/7/2023) mengatakan penyelesaian proses ratifikasi di parlemen Budapest saat ini tinggal persoalan teknis.

Pernyataan tersebut menyusul komentar Szijjarto pekan lalu bahwa Hungaria akan mengikuti sikap Turki soal bergabungnya Swedia dengan NATO. Kini, Turki telah sepakat untuk memberi dukungan kepada Swedia bergabung dengan NATO, walaupun Szijjarto tidak secara eksplisit menyebutnya di postingan Facebook yang membahas soal rencana keberangkatannya ke KTT NATO di Vilnius.

Sementara itu, Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengatakan kepada wartawan, Senin (10/07/2023) di Vilnius bahwa Turki akan meminta parlemennya untuk meratifikasi keanggotaan Swedia di NATO segera mungkin.

Keanggotaan Swedia ke NATO selama ini tertahan oleh sikap keberatan Turki sejak tahun lalu. Ratifikasi protokol keanggotaan itu oleh parlemen Turki adalah salah satu langkah terakhir dalam proses tersebut.