Logo Bloomberg Technoz

Potensi Ekspor dari TEI 2023 Ditarget Tembus Rp167,13 T

Wike Dita Herlinda
10 July 2023 18:40

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kemendag.go.id)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kemendag.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Perdagangan menargetkan transaksi potensi ekspor produk lokal dalam pergelaran Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 mencapai US$11 miliar (sekitar Rp167,13 triliun) atau naik 10% dari realisasi pada ajang yang sama tahun lalu.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, pada TEI 2022, total transaksi yang dihimpun Indonesia mencapai US$15,83 miliar. Adapun, untuk tahun ini, TEI akan digelar secara hibrida (daring dan luring), sehingga target kenaikan transaksi sebesar 10% diharapkan lebih mudah tercapai.

Untuk tahun ini, kata Zulkifli, produk unggulan ekspor Indonesia akan dibagi menjadi tujuh zona dalam TEI ke-38 tahun ini. Mereka a.l. makanan dan minuman; perabot rumah tangga; digital dan layanan; kecantikan dan perawatan; kimia, energi, dan produk industri; peralatan medis dan kesehatan; serta fesyen, tekstil, dan aksesori.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa lebih tinggi dari pencapaian potensi transaksi tahun lalu. Kami berterima kasih atas kerja sama tahun lalu dari para duta besar RI yang mendatangkan calon pembeli, badan-badan usaha milik negara, Kamar Dagang dan Industri Indonesia, pemerintah daerah yang telah mengirim UMKM terbaik mereka ke TEI, dan para pelaku usaha,” kata Zulkifli dalam siaran pers, Senin (10/7/2023).

Untuk tahun ini, pameran produk Indonesia terbesar itu ditargetkan dapat menggaet 1.200 peserta, 25.000 pengunjung tatap muka, dan 33.000 pengunjung daring.