Logo Bloomberg Technoz

Hasil Investigasi Awal Kominfo soal Data 34 Juta Paspor WNI Bocor

Ezra Sihite
08 July 2023 09:10

Ilustrasi hacker. (Photo By mstandret via Envato)
Ilustrasi hacker. (Photo By mstandret via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan melakukan klarifikasi kepada Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM berkaitan dengan adanya dugaan kebocoran data paspor 34.900.867 warga Indonesia.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel A. Pangerapan menyatakan investigasi awal telah dilakukan oleh Tim Investigasi Pelindungan Data Pribadi baik dari website yang menawarkan data itu maupun informasi dari masyarakat. Dia mengakui, Kementerian Kominfo menemukan fakta adanya kemiripan dengan data paspor. 

“Berdasarkan hasil sampling memang terdapat kemiripan namun belum dapat dipastikan. Dari detail diduga diterbitkan sebelum perubahan peraturan paspor menjadi 10 tahun, karena masa berlakunya terlihat hanya 5 tahun,” kata Semuel di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat sebagaimana keterangan pers dikutip Sabtu (8/7/2023).

Namun dia mengatakan, sampai saat ini belum dapat menyimpulkan data apa, kapan, dari mana dan bagaimana terjadi kebocoran. Oleh karena itu Kementerian Kominfo akan melakukan klarifikasi kepada Ditjen Imigrasi Kemenkumham.

“Mengenai penyebabnya terjadi dugaan kebocoran data itu kami belum dapat  menyimpulkan. Oleh karena itu, kami akan memanggil pihak Imigrasi untuk melakukan klarifikasi dan pencocokan data,” kata dia lagi.