Logo Bloomberg Technoz

Filipina Comot Video Negara Lain untuk Iklan, Termasuk Indonesia

News
03 July 2023 15:30

Ilustrasi Bendera Filipina (Sumber: SeongJoon Cho/Bloomberg)
Ilustrasi Bendera Filipina (Sumber: SeongJoon Cho/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Pariwisata Filipina tengah menginvestigasi video iklan baru kampanye “Love the Philippines” yang mereka luncurkan pekan lalu menyusul penggunaan stok gambar video dari negara-negara lain, termasuk Indonesia, yang diambil dari internet.

Merespons video itu, warganet dari berbagai belahan dunia menemukan bahwa beberapa gambar yang digunakan dalam video kampanye menampilkan lokasi di negara lain, di antaranya Indonesia, Thailand, Uni Emirat Arab, Swiss, dan Sri Lanka.

"Kami melakukan penyelidikan menyeluruh untuk mencari kebenaran, dan untuk mengumpulkan fakta-fakta lengkap tentang tuduhan ini," kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan kemarin, dikutip dari media lokal The Phillipine Star.

Adapun agensi pembuat iklan tersebut, Doyle, Dane and Bernbach (DDB) Filipina mengakui dan meminta maaf soal video itu, yang mereka sebut sangat tidak pantas.

“Penggunaan stok video negara lain dalam kampanye yang mempromosikan Filipina sangat tidak pantas, dan bertentangan dengan tujuan DOT [kementerian pariwisata Filipina/Department of Tourism.”