Logo Bloomberg Technoz

PwC Australia Tersandung Skandal Pajak, CEO Didepak

News
25 June 2023 16:30

Gedung PwC (Sumber: Bloomberg)
Gedung PwC (Sumber: Bloomberg)

Georgina McKay - Bloomberg News

Bloomberg,  Para pemimpin global PricewaterhouseCoopers (PwC) telah mengambil alih unit Australia di tengah skandal pajak. Dilaporkan oleh Australian Financian Review (AFR), CEO juga akan diganti.

Dilaporkan oleh AFR pada Minggu (25/6/2023) Justin Carroll, ketua dewan tata kelola perusahaan, menyebut Kevin Burrowes akan pindah ke Sydney dari Singapura untuk mengambil posisi CEO dari Kirstin Stubbins. Diketahui, Stubbins diganti setelah menjabat selama hampir tujuh pekan.

Perusahaan tersebut berencana menjual unit konsultasi pemerintahnya kepada investor ekuitas swasta Allegro Funds, hanya seharga 1 dolar Australia. Dalam laporan terpisah AFR pada Minggu, sekitar 130 mitra PwC Australia dan hampir 2.000 staf dari unit konsultasi pemerintah akan pindah ke perusahaan baru, dengan nama sandi Bell.

Cabang Australia dari raksasa konsultan global tersebut berada di bawah tekanan menyusul pengungkapan bahwa mantan mitra senior memperoleh informasi kebijakan pajak rahasia sambil memberi nasihat kepada pemerintah. Perusahaan kemudian menggunakannya untuk memberi nasihat kepada klien global. Perusahaan akan kehilangan pendapatan jutaan dolar karena pelanggarannya, sementara klien mulai meninjau hubungan mereka dengan PwC.