Logo Bloomberg Technoz

Menlu AS & Xi Jinping Akan Bertemu, Sinyal Hubungan Membaik

News
19 June 2023 17:30

Presiden China Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping

Iain Marlow - Bloomberg News

Bloomberg -  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dijadwalkan akan bertemu Presiden China Xi Jinping dalam rangkaian kunjungannya ke Beijing. Pertemuan tersebut menjadi sinyal positif dalam upaya kedua negara menstabilkan hubungan yang tegang.

Dalam pernyataan yang dirilis oleh Departemen Luar Negeri AS, Xi Jinping dijadwalkan bertemu dengan Antony Blinken pada Senin (19/06) pukul 16.30 waktu setempat. Pertemuan dengan Xi Jinping menandakan kesuksesan dalam perjalanan Blinken ke China, dan meningkatkan ekspektasi hubungan antara dua negara dapat membaik.

Sebelumnya di hari yang sama, Diplomat China Wang Yi bertemu dengan Blinken selama tiga jam. Menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri China, Wang Yi mengatakan kunjungan Blinken terjadi saat hubungan AS dan China "kritis".

"Sangat penting membuat pilihan antara dialog dan konfrontasi, kerja sama dan konflik," kata Wang menurut pernyataan tersebut. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller dalam sebuah pernyataan menyebut pertemuan keduanya "produktif". Blinken bertemu dengan Menteri Luar Negeri Qin Gang pada Minggu (18/06), yang dideskripsikan sebagai pertemuan yang "terbuka" dan berlangsung selama 7,5 jam.