Logo Bloomberg Technoz

Intel Gelontorkan Rp374 T Bangun Pabrik Cip Baru di Israel

News
19 June 2023 09:40

Perusahaan produsen cip asal Amerika, Intel. (dok Bloomberg)
Perusahaan produsen cip asal Amerika, Intel. (dok Bloomberg)

Marissa Newman - Bloomberg News

Bloomberg - Intel Corp. pada prinsipnya setuju untuk membangun pabrik manufaktur di Israel yang merupakan upaya perusahaan raksasa semi konduktor Amerika Serikat (AS)  ini dan sesama perusahaan cip lain untuk mendiversifikasi sumber produksi mereka.

Kesepakatan awal diumumkan oleh Kementerian Keuangan Israel dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada Minggu (18/06).  Intel mengkonfirmasi "niat perusahaan untuk memperluas kapasitas manufaktur di Israel," yang sudah aktif. Namun, mereka tidak memberikan rincian terkait persyaratan atau hal lain.

Menurut sumber yang mengetahui rencana tersebut, pabrik itu nantinya akan digunakan untuk pembuatan wafer, di mana Israel sudah menjadi salah satu dari empat pemasok utama Intel.

Ekspansi tersebut akan melanjutkan upaya CEO Intel Pat Gelsinger untuk menempatkan lebih banyak pabrik manufaktur di luar Asia, yang mendominasi produksi cip. Ia juga berjuang memulihkan citra Intel sebagai pelopor teknologi cip setelah perusahaan seperti Nvidia Corp. dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. mengalahkan kemampuannya.