Logo Bloomberg Technoz

Perputaran Uang Laga Indonesia vs Argentina Bisa Nyaris Rp1 T

Ruisa Khoiriyah
19 June 2023 10:11

Timnas Indonesia melawan Argentina. (dok PSSI.org)
Timnas Indonesia melawan Argentina. (dok PSSI.org)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hari ini pertandingan yang ditunggu-tunggu akan digelar yakni tim nasional (timnas) Indonesia melawan Argentina dalam laga FIFA Matchday. Meski dibayangi kekecewaan publik karena legenda Argentina Lionel Messi yang tidak ikut datang ke Tanah Air, matchday hari ini akan menjadi sejarah baru karena akan menjadi pertemuan pertama dua negara di rumput hijau setelah terakhir bertanding dalam laga U-20 pada 1979.

Kedatangan tim sepakbola Argentina yang menjadi juara dalam Piala Dunia 2022 di Qatar itu bukan cuma menjadi momen berharga bagi para penggemar sepak bola di Ibu Pertiwi. Lebih dari itu, laga timnas Indonesia dengan Tim Tango juga akan memicu dampak ekonomi tak kecil.

Untuk mendatangkan tim Argentina ke Indonesia tentu biayanya tidak sedikit. Mengacu pada New York Times, biaya mengundang tim Tango ditaksir sekitar US$ 5 juta atau sekitar Rp74,9 miliar. Belum termasuk biaya lain-lain dari mulai keamanan, akomodasi, transportasi di dalam negeri, dan sebagainya.

Namun, dengan modal mendatangkan tim Tango itu, Indonesia berpeluang mencetak dampak ekonomi tak sedikit. Berdasarkan paparan dari LPEM Universitas Indonesia, FIFA Matchday Indonesia vs Argentina hari ini berpotensi menciptakan tambahan perputaran uang atau output ekonomi hingga Rp965 miliar. Angka itu melampaui biaya mendatangkan tim asuhan Pelatih Lionel Scaloni .

Pertandingan Indonesia vs Argentina memicu aktivitas ekonomi dalam bentuk tontonan pertandingan di stadion maupun siaran pertandingan di televisi. Bila diperinci, stimulus perekonomian dari dua aktivitas ekonomi itu antara lain, pengeluaran penonton di stadion untuk tiket, transportasi, akomodasi dan makanan serta minuman, lalu pengeluaran penonton di televisi untuk makanan dan minuman, juga penjualan merchandise. Kemudian, sewa lapangan, pengeluaran iklan di televisi dan pengeluaran sponsor.

Simulasi dampak matchday Indonesia vs Argentina pada perputaran ekonomi RI (Dok. LPEM UI)