Logo Bloomberg Technoz

Waspada Nyamuk Dengue Makin Ganas Kala Suhu Tinggi Efek El Nino

Ezra Sihite
12 June 2023 19:20

Ilustrasi nyamuk. (Photo By anankkml via Envato)
Ilustrasi nyamuk. (Photo By anankkml via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan bahwa nyamuk dengue akan semakin ganas pada suhu cuaca yang tinggi atau panas. Oleh karena itu masyarakat diminta waspada.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Imran Pambudi mengatakan, kalau dilihat jumlah kasusnya dari tahun 1968, pola terjadinya kasus-kasus yang tinggi ini ditemukan dengan adanya dampak El Nino. Dalam kondisi ini suhu udara meningkat dan ada penelitian bahwa nyamuk itu semakin ganas pada suhu tersebut.

“Jadi frekuensi dia menggigit itu akan meningkat 3 sampai 5 kali lipat pada saat suhunya meningkat di atas 30 derajat,”  ujar Imran pada konferensi pers ASEAN Dengue Day di Jakarta pada Senin (12/6/2023).

Diketahui tahun ini BMKG sudah merilis cuaca yang akan terdampak El Nino. Oleh karena itu cuaca akan lebih panas dan akan menyebabkan kekeringan. Puncak kekeringan diperkirakan Jul hingga September 2023.

Imran mengatakan karena itu perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap DBD, pasalnya El Nino bisa terjadi kapan saja. Tidak hanya itu, musim hujan pun perlu diwaspadai mengingat akan ada banyak genangan air atau tempat berkembang biak nyamuk dengue.
 
Data Kemenkes pada 27 November 2022 menunjukkan kasus DBD periode 10 tahun terakhir mulai naik setiap bulan November, puncak kasus pada Februari, dan Maret – April mulai terjadi penurunan kasus. Siklus ini terjadi selama 10 tahun terakhir.