Logo Bloomberg Technoz

Lowongan Lebih 1 Juta CPNS Dibuka Pemerintah Tahun Ini

Sultan Ibnu Affan
12 June 2023 16:40

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah pada tahun ini akan membuka lebih dari 1 juta lowongan untuk proses rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS). Posisi yang dibuka diperkirakan hingga 1.030.751 untuk kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

"Ini sedang kita hitung 1.030.751 itu usulan, usulan sementara berdasarkan KL (kementerian/lembaga) kecuali ada KL yang belum sempat usulkan," kata Azwar Anas di Jakarta pada Senin (12/6/2023).

Lowongan yang akan dibuka yakni untuk CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Lowongan akan dibuka pada September 2023 mendatang yang mana hal ini kata Men-PAN RB Azwar Anas sudah diusulkan kepada Kementerian Keuangan.

Sementara soal rekrutmen 1 juta CPNS ini, anggota Komisi II DPR Mardani Ali Sera menilai bahwa harus dipastikan koordinasi dengan kementerian dan lembaga dilakukan dengan baik. Jangan sampai kata dia dilakukan perekrutan untuk posisi yang tak perlu.

"Pastikan keterisiannya," kata Mardani Ali Sera dari Fraksi PKS di gedung DPR, Jakarta.