Logo Bloomberg Technoz

Masuk Radar Cawapres PDIP AHY Berterima Kasih

Sultan Ibnu Affan
07 June 2023 18:40

Ketua Umum Partai Demokrat AHY bertemu dengan Sekber Pendukung Anies di Jakarta (Bloomberg Technoz/ Sultan IbnunAffan)
Ketua Umum Partai Demokrat AHY bertemu dengan Sekber Pendukung Anies di Jakarta (Bloomberg Technoz/ Sultan IbnunAffan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY masuk radar calon wakil presiden (cawapres) PDIP Perjuangan. Terkait hal ini, AHY yang merupakan putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu angkat bicara. Dia mengatakan mengapresiasi karena sudah masuk bursa cawapres untuk Ganjar Pranowo. 

"Saya berterima kepada siapapun yang menyebutkan bahwa AHY bisa berpasangan dengan siapapun termasuk ibu Puan Maharani menyampaikan. Saya menghormati, seperti saya menghormati siapapun yang memberikan pernyataan," kata AHY di kantor DPP partai Demokrat, Jakarta, Rabu (7/6/2023).

AHY mengatakan, menghormati sikap dan pernyataan siapapun mengenai dirinya terkait capres-cawapres. Hal itu menurutnya menegaskan keberadaan demokrasi. Demokrat kata AHY selalu membangun komunikasi dengan berbagai pihak termasuk dengan partai-partai politik dan para tokoh. 

Soal pernyataan Puan itu menurutnya biasa terjadi dalam politik. Tiga partai dalam Koalisi Perubahan juga tak kaku dan membangun komunikasi yang cair dengan berbagai pihak. Namun demikian AHY menegaskan Demokrat masih tetap berada di Koalisi Perubahan. Jika partai dalam koalisi terlihat tak selalu seragam bukan berarti menurutnya tak solid.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengungkapkan beberapa nama figur yang diperhitungkan PDIP untuk menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo. Selain AHY, putri Megawati Soekarnoputri itu menyebut sejumlah nama yakni Sandiaga Uno, Erick Thohir, Mahfud MD, Ridwan Kamil. Selain itu Airlangga Hartarto juga turut dipertimbangkan bakal jadi bursa Cawapres.