Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi India Terancam Meskipun Tingkat Belanja Orang Kaya Tinggi

News
07 June 2023 14:16

ilustrasi ekonomi India. (Sumber: Bloomberg)
ilustrasi ekonomi India. (Sumber: Bloomberg)

Anup Roy - Bloomberg News

Bloomberg - Ekonomi India yang berkembang pesat membuat iri pasar utama lainnya. Namun, di luar kehebohan dan ekspektasi, orang-orang yang mengamati negara tersebut dengan cermat memberikan peringatan.

India sedang menuju perlambatan ekonomi, kata para analis, karena meningkatnya ketimpangan menekan belanja konsumen di antara orang miskin, dan ratusan juta orang di kelas menengah. Pesimisme muncul bahkan setelah angka pertumbuhan terbaru melampaui perkiraan minggu lalu, membulatkan ekspansi lebih dari 7% untuk tahun fiskal.

“Kelelahan pada konsumen tampaknya mulai terjadi,” kata Kunal Kundu, ekonom Societe Generale SA di Bengaluru. Perekonomian mungkin melambat “secara substansial,” katanya.

Narendra Modi (Sumber: Bloomberg)

Adanya penurunan, terutama yang didorong oleh ketidaksetaraan, akan menimbulkan tantangan bagi Perdana Menteri Narendra Modi yang mengincar masa jabatan ketiga dalam pemilihan umum tahun depan. Ini juga akan meningkatkan kemungkinan bank sentral, yang memutuskan kebijakan moneter pekan ini, akan memangkas suku bunga lebih awal dari yang diharapkan.