Logo Bloomberg Technoz

Dan hal tersebut akan meredam harapan, setidaknya dalam jangka pendek, bahwa India akan berbuat lebih banyak untuk mendorong ekonomi global karena kekuatan besar seperti China mulai melambat.

Ekonomi India tumbuh sebesar 6,1% dalam tiga bulan terakhir yang berakhir Maret dibandingkan tahun sebelumya, jauh melampaui perkiraan 5% ekonom yang disurvei Bloomberg, terutama didorong oleh peningkatan ekspor jasa dan belanja pemerintah. Angka tersebut meningkat 7,2% untuk tahun fiskal hingga Maret, melanjutkan pemulihan pasca pandemi.

Tetapi, Nomura Holdings Inc., HSBC Holdings Plc, Standard Chartered Plc., Goldman Sachs Group Inc. dan lainnya mengatakan pertumbuhan akan melambat di tahun fiskal, dengan Nomura meramalkan turun menjadi 5,5%. Bank menunjuk faktor lain, seperti dampak kenaikan biaya pinjaman terhadap pengeluaran, dan perlambatan pertumbuhan global yang mempengaruhi ekspor.

Grafik Bank Sentral India. (Sumber: Bloomberg)

SocGen dan lainnya mengatakan permintaan konsumen akan menurun karena orang kaya semakin kaya, tetapi yang lain berjuang dengan biaya hidup. Hal tersebut membuat apa yang dikenal sebagai pemulihan konsumsi berbentuk K, di mana barang-barang mewah terjual dengan baik, tetapi barang-barang pokok bergerak ke arah yang berlawanan, kata Kundu.

Sarmishta Sarkar, seorang manajer berusia 35 tahun di sebuah perusahaan makanan dan minuman multinasional, menunda membeli mobil penumpang kecil yang bisa ia kendarai ke kantor dan memilih menggunakan angkutan umum Mumbai yang terkenal penuh sesak.

“Menabung itu sulit ketika biaya hidup sendiri setinggi ini,” ujarnya. “Saya akan menunggu sampai Desember.”

Grafik ketidaksetaraan India. (Sumber: Bloomberg)

Konsumsi swasta turun 3,2% dalam tiga bulan belakangan yang berakhir pada Maret dibandingkan kuartal sebelumnya. Ini mungkin karena berkurangnya pengeluaran kelas menengah perkotaan, yang seharusnya menjadi perhatian bagi pertumbuhan negara, kata Rupa Rege Nitsure, kepala ekonom di L&T Finance, bagian keuangan komersial dan pribadi dari perusahaan konstruksi terbesar di India.

“Ini bukan pemulihan secara luas,” katanya. Menambahkan pemulihan berarti akan sulit untuk dipertahankan.

Bahkan pengeluaran 65% penduduk yang tinggal di daerah pedesaan, sebuah titik terang dalam data terakhir setelah panen yang kuat, diperkirakan akan melambat jika pola cuaca El Nino membawa kekeringan yang mengganggu musim monsun, yang berperan penting dalam kehidupan ratusan juta orang yang bergantung pada pertanian.

Penjualan kendaraan roda dua, ukuran utama permintaan di pedesaan, tetap berada di bawah level pra-Covid.

“Ketika Anda melihat adanya pertumbuhan volume, sengat jelas bahwa ada lebih banyak tekanan” di daerah pedalaman India jika dibandingkan dengan daerah perkotaan, kata Sanjiv Mehta, direktur pelaksana dan kepala eksekutif di Unilever unit India  dalam sebuah wawancara di Mumbai. “Sangat bisa dimengerti jika terjadi inflasi seperti ini.”

Penjualan kendaraan roda dua di India. (Sumber: Bloomberg)

Salah satu implikasi dari perlambatan tersebut kemungkinan besar ada pada suku bunga.

Sebanyak 40 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan Reserve Bank of India akan mempertahankan repurchase rate pada Kamis (08/06/2023), setelah secara tak terduga menghentikan siklus pengetatan bulan April. Tapi ekonom Nomura Sonal Varma berharap bank sentral mulai memangkas suku bunga pada bulan Oktober dan menurunkannya dengan total 75 basis poin.

Dampak lain mungkin ada pada prospek Modi di jajak pendapat 2024. India membutuhkan pertumbuhan 8% hingga 8,5% per tahun untuk mempekerjakan 90 juta pekerja nonpertanian baru yang akan bergabung dengan angkatan kerja pada tahun 2030, menurut laporan McKinsey pada tahun 2020.

Terlepas dari pesimisme tersebut, ada banyak hal positif tentang ekonomi India. Sektor jasa sedang naik daun, sementara Indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers Index/PMI) manufaktur mencapai level tertinggi dalam 31 bulan terakhir pada Mei. Pengumpulan pajak mencapai rekor pada bulan April, inflasi mereka, dan cadangan devisa termasuk yang terbesar secara global.

Bahkan dengan perlambatan yang diharapkan, India masih akan menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia tahun ini, menurut proyeksi IMF. Jerman sedang dalam resesi, beberapa pengamat memperkirakan AS akan mengikuti, dan IMF memproyeksikan ekonomi China akan tumbuh 5,2% pada 2023.

HSBC menaikkan perkiraan pertumbuhan India di tahun fiskal saat ini menjadi 5,8% pekan ini, naik dari 5,5%, mengatakan momentum pertumbuhan PDB India telah “stabil”.

Dan bahkan jika perekonomian India melambat dalam jangka pendek, analis tetap bullish pada prospek jangka panjangnya. “India meningkat dalam tatanan dunia,” tulis ahli strategi ekuitas Morgan Stanley Ridham Desai dan rekannya dalam sebuah laporan mengenai pasar negara tersebut bulan ini.

Hal itu menjadi sedikit penghiburan bagi Sanjay Kumar Mishra, seorang penjaga keamanan berusia 40 tahun di komunitas pinggiran Mumbai. Ia berbagi kamar seluas 10 meter persegi dengan lima orang lainnya, tetapi hanya ada tiga orang di dalam karena dua orang lainnya bekerja dua shift.

Upah Mishra hampir tidak berubah sejak sebelum pandemi, bahkan ketika inflasi melonjak. Dia menghasilkan sekitar 12.000 Rupee (atau sekitar Rp2 juta) dalam satu bulan. Akhir-akhir ini, ia mengirim lebih sedikit uang ke keluarganya di sebuah desa di negara bagian utara Uttar Pradesh. Dan mereka, pada akhirnya, melakukan lebih sedikit pembelanjaan.

“Tidak ada gunanya memperdebatkan gaji,” katanya. “Orang lain selalu siap bekerja untuk tambahan seribu rupee.”

—Dengan asistensi dari Chris Kay.

(bbn)

TAG

No more pages