Logo Bloomberg Technoz

Google Ciptakan 100 Lebih Bahasa India di Android

News
07 June 2023 13:45

Pengguna smatphone di India. (dok Bloomberg)
Pengguna smatphone di India. (dok Bloomberg)

Sankalp Phartiyal - Bloomberg News

Bloomberg Technoz- Google akan menambahkan lebih banyak bahasa India dalam layanan bahasa mereka, dan secara bersamaan mencari cara untuk membuat smartphone berbasis Android dengan harga murah. Besar harapan perusahaan untuk menarik lebih banyak pengguna di negara dengan populasi terpadat di dunia tersebut.

Salah satu unit bisnis di grup Alphabet Inc. berusaha lebih banyak agar para pengguna di negara India mengakses layanan bahasa lokal, melalui suara ataupun tulisan, kata bos Google India, Sanjay Gupta, Selasa (6/6/2023) waktu setempat.

Google telah mengembangkan model artificial intelligence  yang dapat mengelola lebih dari 100 bahasa India dalam bentuk suara dan teks. Sebuah upaya memperluas akses internet di negara tersebut.

“Bagi saya, ini adalah investasi terbesar yang kami lakukan,” kata Gupta. “Guna memungkinkan terjadinya revolusi konten ini, artinya bisa saja setiap orang di India menggunakan internet secara mendalam, melebihi yang dilakukan oleh user berbahasa Inggris lima tahun lalu.”