Logo Bloomberg Technoz

Bos Pertamina Masih Pelit Bicara Soal Kesepakatan Blok Masela

Rezha Hadyan
06 June 2023 19:40

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati saat paparan kepada media di Bursa Efek Indonesia. (Dok Rony Zakaria/Bloomberg)
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati saat paparan kepada media di Bursa Efek Indonesia. (Dok Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati belum mau banyak bicara terkait dengan alih kelola proyek gas alam atau liquified natural gas (LNG) Lapangan Abadi Blok Masela dari Shell Upstream Overseas Services Ltd. atau Shell.

Nicke hanya memastikan alih kelola Lapangan Blok Abadi Masela sudah menemukan kesepakatan dengan Shell selaku pemegang 35% hak partisipasi atau participating interest (PI). 

Sayangnya, dia enggan mengungkapkan berapa nilai alih kelola yang disepakati dengan raksasa minyak dan gas (migas) asal Belanda itu. Sebab, kedua belah pihak telah menyepakati perjanjian kerahasiaan atau non disclosure agreement (NDA).

“Kalau soal [Lapangan Abadi Blok] Masela ini kita sudah tanda tangan NDA. Ini jadinya kejutan ya,” katanya dalam acara Media Briefing Capaian Kinerja 2022 Pertamina di Grha Pertamina, Jakarta Pusat, Selasa (6/6/2023).

Selain nilai alih kelola, Nicke juga enggan memberikan infomasi mengenai pihak yang terlibat dalam konsorsium pengelolaan ladang gas yang ada di Kepulauan Tanimbar, Maluku itu. Dengan demikian belum ada kepastian apakah Petroliam Nasional Berhad atau Petronas tetap bergabung dengan konsorsium tersebut atau malah pamit undur diri.