Logo Bloomberg Technoz

Cadangan Migas Lampaui Masela, Blok Warim Segera Dilelang

Rezha Hadyan
01 June 2023 19:50

Ilustrasi minyak bumi (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi minyak bumi (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) akan segera melelang wilayah kerja (WK) minyak dan gas (migas) Blok Warim, Papua yang disebut-sebut menyimpan cadangan sangat besar, bahkan melebihi Blok Masela.

Deputi Eksplorasi Pengembangan dan Manajemen Wilayah Kerja SKK Migas Benny Lubiantara mengatakan lelang Blok Warim akan dilakukan setelah dikeluarkannya izin oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penyebabnya, WK migas ini berada di areal Taman Nasional Lorentz.

"Sedang diurus ya kemudahannya, khususnya terkait dengan KLHK karena ini [berada] di hutan lindung dan bagaimana kemudahan-kemudahannya," katanya saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu (31/5/2023).

Namun, dia menegaskan tidak akan langsung melelang Blok Warim begitu izin dari KLHK dikeluarkan. SKK Migas terlebih dahulu akan melakukan studi untuk mengetahui sejauh mana eksplorasi dan eksploitasi di WK migas itu bisa dilakukan.

"Iya lelang, harus ada studi baru lelang. Nanti bisa joint study, setelah itu baru lelang. Cari data dahulu baru lelang," ujarnya.