Logo Bloomberg Technoz

Menjadi presiden tertua di negara itu, Biden kerap menghadapi pertanyaan tentang kesehatan dan kebugarannya untuk menjabat terlebih saat ini ia mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua.

Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)

Biden pada November 2020 mengalami patah tulang di kaki kanannya saat bermain dengan salah satu anjingnya, dan harus memakai sepatu boot selama pemulihan. 

Biden berada di atas panggung pada Kamis selama lebih dari 90 menit membagikan ijazah dan berjabat tangan dengan lulusan akademi setelah memberikan pidato pembukaannya.

Akademi Angkatan Udara terletak di Colorado Springs, Colorado, yang terletak 7.258 kaki di atas permukaan laut, menurut Angkatan Udara.

Biden diberi air secara berkala selama upacara. Para wartawan disarankan untuk minum air untuk mencegah mual karena ketinggian.

Upacara pembukaan akademi seperti ini dapat menjadi urusan panjang yang menuntut secara fisik presiden, yang berbicara dan kemudian berdiri di atas panggung untuk menyambut setiap lulusan. 

Mantan presiden Donald Trump,.yang saat itu berusia 74 tahun, juga sempat diawasi kesehatannya setelah dia tertatih-tatih menuruni tanjakan di Akademi Militer AS di West Point setelah pidato pembukaannya di sana.

“Tanjakan yang saya turuni setelah pidato di West Point sangat panjang & curam, tidak memiliki pegangan dan, yang terpenting, sangat licin,” katanya dalam sebuah pernyataan kala itu.

--Dengan asistensi Jennifer Jacobs.

(bbn)

No more pages