Logo Bloomberg Technoz

Emiten produsen dan distributor pupuk, PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk (SAMF) menyetujui pembagian dividen tunai sejumlah Rp153,75 miliar, atau senilai Rp30/saham. Jumlah dividen yang akan dibagikan tersebut setara dengan 44% dari laba bersih 2022 sebesar Rp345,99 miliar.

Perusahaan investasi PT Provident Investasi Bersama Tbk (PALM) berencana menerbitkan surat utang senilai Rp750 miliar. Adapun PALM akan menggunakan sebesar 7% dana hasil penerbitan obligasi untuk setoran modal kepada anak usaha, PT Suwarna Arta Mandiri. Kemudian, sebesar 90% dana akan digunakan untuk mengembangkan portofolio investasi.

Untuk pasar saham Asia bergerak menguat sepanjang perdagangan hari ini. Indeks Kospi +1,04%, indeks Nikkei 225 +0,30%, indeks Hang Seng Hong Kong +0,24%, indeks Shanghai +0,09%, dan indeks Strait Times Singapore +0,01%. Sementara itu Dow Jones Index Future +0,27%.

Sentimen pada perdagangan hari ini, Presiden AS Joe Biden dan Ketua DPR Kevin McCarthy optimistis kesepakatan soal plafon utang akan lolos dan disahkan Kongres untuk mencegah gagal bayar utang terjadi.

Adapun seperti yang diwartakan Bloomberg News, Joe Biden secara pribadi telah menghimbau para anggota parlemen untuk mendukung RUU ini. Anggota kabinet, dan staf senior Gedung Putih pun telah menelepon setidaknya 60 anggota Partai Demokrat DPR pada Senin (29/5/2023) pagi, menurut seorang pejabat Demokrat.

Sebelumnya, Joe Biden dan Kevin McCarthy berhasil mencapai kesepakatan tentatif soal kenaikan plafon utang negara tersebut pada akhir pekan, yang kemungkinan akan mencegah bencana gagal bayar.

(fad)

No more pages