Logo Bloomberg Technoz

Hal itu pernah terjadi di PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). Setelah restrukturisasi, bunga pinjaman hanya menjadi 0,5%.

"Dengan asumsi bunga yang sama seperti GIAA, restrukturisasi WIKA dan WSKT akan mengurangi NIM mulai 7,5% hingga 9,07% tahun ini. Penurunan NIM ini mencerminkan penurunan laba bersih bank 1,6% hingga 3,2% di akhir tahun.

Dalam situasi yang seperti itu, BBRI dinilai menjadi yang paling aman untuk saat ini. Pasalnya, BBRI sudah melakukan provisi hingga 100% untuk pinjaman tunai. Sementara, BBNI dan BMRI belum melakukan langkah serupa.

Risiko lebih besar bisa terjadi di WIKA mengingat baru 10% pinjaman WIKA yang dikenakan provisi. WSKT sedikit lebih aman karena provisinya mencapai 45% hingga 56%.

Rasio Utang Wijaya Karya (WIKA) terhadap Total aset dan total modal (Bloomberg)

Proyek Bermasalah

Manajemen WIKA sebelumnya mengungkapkan sejumlah proyek memicu neraca keuangan menjadi terganggu. Kondisi ini yang membuat WIKA mengajukan program restrukturisasi utang.

Manajemen belum mengungkapkan secara gamblang proyek mana saja yang dimaksud. Namun, WIKA memiliki banyak proyek, yang bukan hanya sebagai kontraktor, tapi juga sebagai investor di dalamnya.

"WIKA memiliki beberapa proyek penyertaan modal, WIKA ikut di dalamnya," ujar Mahendra Wijaya, Corporate Secretary WIKA kepada Bloomberg Technoz Belum lama ini.

Sebagian proyek sudah selesai dan tinggal menunggu divestasi, sesuai dengan model bisnis WIKA. "Sebagian ada juga yang masih tahap konstruksi dan belum rampung, sehingga masih dalam tahap penyelesaian," imbuh Mahendra.

(dhf)

No more pages