Logo Bloomberg Technoz

Mengintip Pesawat C919 China, Saingan Baru Boeing dan Airbus

News
30 May 2023 10:10

Pesawat C919 China (Sumber: Bloomberg)
Pesawat C919 China (Sumber: Bloomberg)

Danny Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan China membuat pesawat yang diprediksi akan menyaingi Boeing Co. dan Airbus SE, setelah berhasil terbang komersial perdana pada Minggu akhir pekan lalu, atau enam bulan setelah armada itu dikirim ke perusahaan China Eastern Airlines Corp.

Pesawat itu adalah C919 yang mendapatkan sertifikat resmi untuk penerbangan pada September 2022. Debut ini menandai perjalanan panjang pabrikan pesawat lokal Commercial Aircraft Corp of China Ltd., (Comac) yang mulai mengembangkan pesawat berbadan sempit pada tahun 2008 dan memulai produksi pada akhir 2011. 

Penerbangan MU9191 itu lepas landas dari Shanghai pada pukul 10:32 waktu setempat, kata China Eastern di akun Weibo-nya. Pesawat itu membawa 128 penumpang dan mendarat dengan selamat di Beijing, demikian lapor media China People's Daily dalam sebuah tweet.

China Eastern adalah pelanggan pertama C919 yang memesan lima armada. Setelah pengiriman pesawat pertama pada Desember, dilakukan aktivitas penerbangan hampir setiap hari untuk memenuhi persyaratan 100 jam penerbangan sebagai pembuktian.