Logo Bloomberg Technoz

Vietnam Minta China Tarik Kapal Keluar dari Perairannya

News
26 May 2023 21:10

Kapal China di perairan Vietnam. (Sumber: Bloomberg)
Kapal China di perairan Vietnam. (Sumber: Bloomberg)

Nguyen Xuan Quynh dan Linh Vu Nguyen - Bloomberg News

Bloomberg - Kementerian Luar Negeri Vietnam meminta China untuk menarik kapal survei, kapal penjaga pantai dan kapal penangkap ikan dari perairan mereka, dilaporkan oleh situs pemerintahan pada Kamis (25/05/2023).

Wakil Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Pham Thu Hang mengatakan selama pengarahan bahwa kapal-kapal China melanggar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Vietnam. Pemerintah setempat meminta China menghormati hak kedaulatan dan yuridiksinya, tertulis dalam laporan tersebut.

Pejabat Vietnam telah berkali-kali berkomunikasi dengan China dan menerapkan langkah-langkah sesuai dengan hukum internasional dan hukum Vietnam, untuk melindungi hak dan kepentingan sah Hanoi, situs pemerintah mengutip Hang.

Vietnam juga mengatakan pemasangan pelampung suar oleh China di Spratlys, tanpa persetujuan, telah melanggar kedaulatan negara atas pulau-pulau tersebut, kata Hang, berdasarkan laporan terpisah dari situs pemerintah. Ia merujuk pada tiga pelampung suar yang ditempatkan oleh Administrasi Keselamatan Maritim China.