Logo Bloomberg Technoz

AS Didesak Serang Balik China Setelah Blokir Cip Micron

News
24 May 2023 13:00

Micron (Qilai Shen/Bloomberg)
Micron (Qilai Shen/Bloomberg)

Eric Martin - Bloomberg News

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anggota parlemen AS mendesak Washington menyerang balik China atas keputusannya melarang cip Micron Technology Inc.. Ia juga mengancam akan semakin mengobarkan ketegangan antara kedua negara.

Mike Gallagher, seorang anggota Partai Republik dari Wisconsin yang memimpin komite kongres yang berfokus pada China, menginginkan Changxin Memory Technologies Inc. ditempatkan di daftar hitam yang secara efektif melarang mereka berbisnis dengan perusahaan Amerika tersebut.

Usulan itu dilakukan sebagai tanggapan terhadap kebijakan Beijing pekan ini yang memblokir Micron dengan alasan keamanan nasional. Sebuah langkah tak biasa yang telah memicu saling menuding di kedua sisi.

Micron (Sumber: Bloomberg)

Gallagher ingin Changxin masuk dalam daftar yang sudah mencakup banyak perusahaan teknologi terbesar di China, termasuk Huawei Technologies Co. dan Yangtze Memory Technologies Co.. Perusahaaan China yang masuk daftar ini tidak akan bisa menjual produk teknologinya ke AS. Perusahaan AS juga dilarang menjual produknya ke perusahaan China tersebut.