Logo Bloomberg Technoz

Nilai tersebut merupakan investasi yang sudah digelontorkan oleh Shell di Lapangan Abadi Blok Masela. Walapun demikian, nilai alih kelola ladang gas yang ada di Kepulauan Tanimbar, Maluku itu bisa saja berbeda tergantung diskusi business to business (B2B) antara Shell dengan calon mitra pengganti.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengisyaratkan Pertamina hampir pasti menggantikan Shell di proyek Lapangan Abadi Blok Masela bersama dengan Petroliam Nasional Berhad atau Petronas dalam satu konsorsium.

“Kami masih finalisasi dengan Petronas. Jadi, Petronas dan SKK Migas pekan lalu sudah membicarakan itu,” ujarnya saat ditemui, Selasa (9/5/2023) di Jakarta Selatan.

Saat ini, proses negosiasi dengan perusahaan migas yang berbasis di Malaysia itu sudah memasuki tahap banderol harga saham yang akan diambil alih. Luhut berharap kesepakatan dengan Petronas dapat diteken secepatnya sehingga proses alih kelola Blok Masela dapat dilakukan sebelum akhir tahun ini.

“Kalau harganya sudah cocok, bisa jadi [Blok Masela] langsung diberikan ke Petronas supaya tahun ini bisa segera kerja. Pertamina akan membentuk konsorsium dengan Petronas. Masalah harga enggak ada, semua happy, Pertamina happy. Basically, kita sudah on the right track,” ujar Luhut.

(rez/wdh)

No more pages