Logo Bloomberg Technoz

Pengeluaran rumah tangga untuk jasa lebih kuat dari perkiraan semula, sementara pengeluaran untuk barang sedikit lebih lemah.

Adapun sektor perumahan membukukan penurunan kuartalan kedelapan berturut-turut dan investasi bisnis dalam peralatan menyusut untuk kuartal kedua. Revisi turun yang tajam pada GDI kuartal keempat mencerminkan upah dan gaji yang jauh lebih lemah dari perkiraan sebelumnya. 

“Secara teori, GDP riil dan GDI riil seharusnya setara, tetapi dalam praktiknya biasanya agak berbeda karena data yang tidak masuk,” kata ekonom Wells Fargo & Co. Jay Bryson dan Shannon Seery dalam sebuah catatan.

"Pelemahan dalam GDI ini menunjukkan bahwa pertumbuhan GDP riil dalam beberapa kuartal terakhir dapat direvisi lebih rendah dalam rilis data berikutnya."

Prospek ekonomi AS sebagian besar bergantung pada pasar pekerjaan, dan data yang terpisah pada Kamis menunjukkan pengajuan untuk jaminan pengangguran masih rendah.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa laba perusahaan sebelum pajak yang disesuaikan turun dalam tiga bulan pertama tahun 2023. Laba menurun di sektor keuangan dan di perusahaan non-keuangan. Dari tahun sebelumnya, laba turun 2,8%.

Sumber: Bloomberg

Sementara indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi masyarakat, yang tidak termasuk makanan dan energi direvisi sedikit lebih tinggi menjadi 5% pada kuartal pertama. 

Laba setelah pajak sebagai bagian dari nilai tambah bruto untuk perusahaan non-keuangan, yang merpakan ukuran margin laba secara agregat, tetap tinggi di kuartal pertama di 13,8% dari 14% di kuartal sebelumnya.

(bbn)

No more pages