Logo Bloomberg Technoz

Alibaba Dikabarkan Akan PHK 7% Karyawan Divisi Cloud

News
24 May 2023 15:30

Ilustrasi Kantor Alibaba (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Kantor Alibaba (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Divisi cloud computing Alibaba Group Holding Ltd. dikabarkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada sekitar 7% karyawannya. Perombakan ini bertujuan untuk menyiapkan unit ini spin-off (memisahkan diri) dan pada akhirnya mencatatkan saham perdana di bursa saham atau initial public offering (IPO).

Layanan cloud terbesar di China ini telah mulai memberi kabar kepada para staf yang akan di-PHK, kata orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Alibaba menawarkan pilihan pesangon atau ditransfer ke bagian lain kepada karyawan yang akan di-PHK, walaupun belum terjamin, kata salah satu sumber.

Langkah tersebut dimaksudkan guna merampingkan bisnis sebelum menjadi perusahaan terpisah dalam kurun waktu satu tahun, kata sumber yang meminta untuk tak disebutkan namanya.

Ilustrasi Logo Alibaba (Sumber: Bloomberg)

Alibaba Cloud akan menjadi salah satu dari enam unit bisnis yang dipisah dari induknya Alibaba Holding, bergabung dengan unit lain seperti divisi logistis Cainiao. Alibaba diketahui mempekerjakan lebih dari 235.000 orang per Maret 2023.