Logo Bloomberg Technoz

Di saat yang sama, ekspor batu bara Rusia ke China turun dari level rekor tertinggi yang dicapai pada Maret, begitu pula dengan pengiriman minyak mentahnya. Kargo gas Rusia yang diangkut melalui laut juga turun dari bulan sebelumnya.

Penjualan minyak dan gas lebih moderat terjadi ketika para pemimpin Rusia mengunjungi Shanghai pada hari Selasa untuk membantu memperkuat pentingnya Moskow sebagai pemasok komoditas ke tetangga timur dan mitra strategisnya.

Total pembelian batu bara China turun sedikit di bulan April menjadi 40,68 juta ton, meskipun itu masih merupakan jumlah tertinggi ketiga yang pernah ada dan pengiriman telah meningkat 89% sepanjang tahun ini. Harga patokan di pelabuhan Qinhuangdao telah turun ke level terendah sejak awal tahun lalu karena gelombang impor yang meningkat terjadi pada saat permintaan musiman yang lemah.

Peningkatan stok di pelabuhan-pelabuhan di China dapat memaksa para pedagang untuk membuang batu bara, sehingga menekan harga lebih lanjut, sebelum suhu yang menghangat dan aktivitas ekonomi yang membaik membantu menghapus surplus tersebut, demikian menurut sebuah catatan dari Fengkuang Coal Logistics.

(bbn)

No more pages