Logo Bloomberg Technoz


Adapun, rerata harga telur ayam di DKI Jakarta tembus Rp 31.820/kg, tertinggi di Kepulauan Seribu mencapai Rp 33.000/kg dan terendah di Jakarta Pusat Rp30.000/kg. Kemudian Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat harga telur naik Rp 32.000/kg.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Reynaldi Sarijowan mengatakan, hingga hari ini, tren kenaikan harga telur ayam di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) masih belu bisa direm.

Berdasarkan pantauan asosiasi, harga komoditas tersebut saat ini berada di rentang Rp31.000/kg—34.000/kg untuk wilayah Jabodetabek. Sementara itu, di luar Jawa -khususnya di wilayah Indonesia bagian timur- harga telur meroket lebih dari Rp40.000/kg.

"Harga telur di pasaran terus merangkak naik tidak terdapat upaya melakukan upaya penurunan harga telur, sehingga harga telur secara nasional naik," katanya melalui keterangan resmi, Kamis (18/5/2023).

Reynaldi menjelaskan tren kenaikan harga telur yang terjadi beberapa pekan terakhir diakibatkan oleh dua faktor. Pertama, faktor produksi yang meliputi tingginya harga jagung untuk pakan ternak.

Kedua, faktor distribusi yang tidak wajar. "Biasanya telur didistribusikan ke pasar, tetapi banyak pihak yang melakukan pendistribusian di luar pasar atau permintaan di luar pasar sehingga supply and demand di pasar terganggu dan menyebabkan harga terus merangkak naik," tutur Reynaldi.

(rez/wdh)

No more pages