Logo Bloomberg Technoz

Mendag Bantah Kenaikan Harga Telur, Faktanya Begini

Rezha Hadyan
19 May 2023 14:00

Telur ayam di pasar. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Telur ayam di pasar. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan membantah adanya kenaikan harga telur ayam ras yang terjadi belakangan ini di sejumlah wilayah di Tanah Air.

Zulhas –demikian sapaan akrabnya– berdalih pergerakan harga telur ayam ras, khususnya di wilayah Indonesia bagian timur, lebih diakibatkan oleh persoalan distribusi. Adapun, berdasarkan pantauam terbarunya di wilayah Jakarta Timur, harga komoditas pangan tersebut tidak lebih dari Rp30.000/kg.

“Di [Pasar] Jatinegara itu [harga telur ayam ras] Rp29.000—Rp30.000/kg barusan saya cek kesana. Kalau di Indonesia bagian timur itu mungkin distribusinya,” katanya ketika ditemui oleh awak media di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2023).

Harga yang dianggap wajar oleh Zulhas itu sudah melampaui harga acuan di tingkat konsumen yang ditetapkan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) sebesar Rp27.000/kg. Harga tersebut bahkan sudah menjauhi harga tertinggi tahun lalu yang tercatat mencapai Rp29.650/kg untuk rerata nasional.

Berdasarkan data Panel Harga Pangan Bapanas harga rata-rata telur ayam secara nasional berada di level Rp 30.080/kg pada Jumat (18/5/2023).

Harga telur berdasarkan data Bapanas