Logo Bloomberg Technoz

Erdogan Unggul di Pemilu, Pasar Keuangan Turki Berantakan

News
16 May 2023 10:30

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Sumber: Bloomberg)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Sumber: Bloomberg)

Tugce Ozsoy, Kerim Karakaya dan Netty Ismail - Bloomberg News

Bloomberg, Pasar keuangan Turki merosot menuju pemilu putaran kedua, menyusul kesalahan prediksi investor terkait dukungan pemilih terhadap incumbent Presiden Recep Tayyip Erdogan yang ternyata lebih kuat dari yang diperkirakan. Investor berharap rezim Erdogan bisa segera berakhir karena kebijakan ekonomi negeri tersebut dinilai tak biasa.

Indeks saham BIST-100, ditutup 6,1% lebih rendah setelah sebelumnya jatuh sebanyak 6,7%. Obligasi dolar Turki turun dan nilai lindung utang melonjak dari biasanya.

Mata uang lira turun sekitar 0,5% terhadap dolar, dimana bank-bank milik pemerintah melakukan intervensi untuk membatasi kerugian, menurut beberapa sumber yang mengetahui perihal tersebut. 

Para investor yang memonitor pemilu Turki kehilangan kepercayaan melihat hasil pemilu pada Minggu, di mana Erdogan unggul tipis. Kebijakan ekonomi Erdogan yang telah memicu krisis inflasi terburuk dalam beberapa dekade dan menyebabkan arus keluar modal internasional, dan baru-baru ini memicu reli obligasi dan saham Turki.