Logo Bloomberg Technoz

Deretan Artis Jadi Caleg PDIP, Ada Once Mekel dan Marcel Siahaan

Sultan Ibnu Affan
11 May 2023 12:05

Once Mekel. (Tangkapan layar via Instagram @oncemekelofficial)
Once Mekel. (Tangkapan layar via Instagram @oncemekelofficial)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PDI Perjuangan telah mendaftarkan bakal calon legislatif (caleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Rombongan PDIP dipimpin oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Hasto mengatakan para caleg PDIP semuanya lebih dahulu mendapatkan pendidikan politik dan kaderisasi dari partai.

Dari 580 caleg yang didaftarkan, sejumlah besar yang dicalonkan lagi adalah anggota DPR incumbent 'petahana' yakni 128 orang. Hasto kemudian menyebut sejumlah figur yang menjadi caleg PDIP mulai dari jenderal TNI, jenderal polisi, artis, akademisi dan ilmuwan.

Di deretan seniman atau artis antara lain ada nama baru yakni Once Mekel, Marcel Siahaan, Deny Cagur, Taufik Hidayat, Tamara Geraldine, Sari Kuswoyo (Koesplus), Andre Hehanusa, Lucky Perdana. Sementara untuk jenderal TNI antara lain ada Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin dan Mayjen TNI Nurman Panjaitan. Selain itu pakar Geologi Mbah Rono juga masuk dalam daftar caleg Partai Moncong Putih.

Pendaftaran Caleg PDIP di KPU, Kamis (11/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

"Adapun komposisi dari 580 bacaleg, 380 caleg perempuan atau 33%. PDIP juga merekrut kalangan akademisi ada sekitar 73 orang, dari TNI/Polri purnawirawan ada 17 orang, budayawan seniman artis ada 14 orang," lanjut dia.

Hasto mengatakan bahwa para caleg PDIP banyak yang berasal dari kalangan muda sekitar 48% dengan usia di bawah 40 tahun. Seluruhnya juga kata dia sudah berkomitmen untuk memenangkan Ganjar Pranowo presiden sebagaimana PDIP sudah mendeklarasikan calon presiden itu.