Logo Bloomberg Technoz

Prospek Laba Toyota Cerah Sejalan dengan Misi Pacu Produksi EV

News
10 May 2023 13:40

Kantor pusat Toyota di Jepang. (Dok: Bloomberg)
Kantor pusat Toyota di Jepang. (Dok: Bloomberg)

Nicholas Takahashi - Bloomberg News

Bloomberg, Toyota Motor Corp. memperkirakan tahun fiskal 2023 bakal sejalan dengan proyeksi analis, setelah Chief Executive Officer baru Koji Sato berupaya memenuhi janjinya untuk memacu produksi kendaraan listrik secara cepat.

Saham Toyota naik sebanyak 1,8% setelah perusahaan mengumumkan rencana untuk membeli kembali sahamnya sendiri (buyback) sebanyak ¥150 miliar (US$1,1 miliar).

Produsen mobil terbesar di dunia itu memproyeksikan laba operasi mencapai ¥3 triliun untuk periode hingga Maret 2024, sejalan dengan prediksi analis. Toyota mengatakan penjualan bersih berada di jalur yang tepat untuk menyetuh ¥38 triliun, dibandingkan dengan sekitar ¥38,1 triliun yang dicari pasar.

CEO Toyota Motor Corp. Koji Sato (Sumber: Bloomberg)

Sato, yang menjalankan divisi mobil mewah Lexus sebelum mengambil alih posisi CEO dari Akio Toyoda pada April, akan mengawasi transisi Toyota ke era elektrifikasi, di mana Tesla Inc. dan BYD Co. China memimpin. Pada saat yang sama, dia harus menjaga produksi tetap utuh sementara isu krisis suku cadang dan semikonduktor tetap mengintai.