Logo Bloomberg Technoz

Tak Dapat Subsidi, Penjualan Mobil Listrik DFSK Tetap Solid

Rezha Hadyan
10 May 2023 12:20

Gelora EV Blind Van DFSK dalam pergelaran IIMS 2023. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)
Gelora EV Blind Van DFSK dalam pergelaran IIMS 2023. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Sokonindo Automobil selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Dongfeng Sokon Automobile (DFSK Motor)  di Indonesia mengungkapkan permintaan mobil listrik Gelora E tetap tinggi walaupun tidak mendapatkan subsidi pembelian kendaraan listrik dari pemerintah.

Chief Executive Officer (CEO) Sokonindo Automobil (Sokon) Alexander Barus menyebut permintaan mobil listrik yang menyasar segmen niaga itu terbilang tinggi. Bahkan, pembeli harus menunggu atau inden selama beberapa bulan hingga akhirnya unit sampai ke tangan mereka.

“Kalau mobil listrik kita, terutama yang Gelora E itu penjualannya masih inden. Kendaraan untuk [segmen] komersial,” katanya ketika ditemui usai Reuni 45 Tahun Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) di The Westin Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2023).

Permintaan Gelora E meningkat sejak awal tahun ini setelah diproduksi di pabrik perakitan DFSK Motor di Cikande, Serang, Banten.

Harga Gelora E yang diproduksi di dalam negeri turun drastis jika dibandingkan dengan harga saat mobil tersebut masih diimpor utuh atau completely built-up (CBU) dari China.