Logo Bloomberg Technoz

Pabrikan Tak Siap, Subsidi Motor Listrik Tak Sesuai Harapan

Rezha Hadyan
09 May 2023 19:10

Ilustrasi motor Gesits. (dok..Gesits)
Ilustrasi motor Gesits. (dok..Gesits)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Program subsidi pembelian kendaraan listrik, khususnya sepeda motor listrik, ternyata tidak berjalan sesuai harapan. Sebab, masih ada pabrikan sepeda motor listrik yang belum siap memenuhi permintaan masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pabrikan yang belum siap memenuhi permintaan itu adalah PT Wika Industri Manufaktur atau Gesits. Hal itu dia ungkapkan usai mendatangi Reuni 45 Tahun Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) di The Westin Jakarta, Selasa (9/5/2023). 

“Sudah jalan [program] subsidinya. Saya baru tanta Gesits. Ternyata Gesits belum siap, padahal kan saya tahu sudah berapa sekarang yang dibuat oleh Kementerian ESDM [Energi dan Sumber Daya Mineral] untuk penggantian engine [konversi ke sepeda motor listrik],” katanya. 

Luhut mendorong pabrikan yang sudah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan subsidi pembelian kendaraan listrik, khususnya sepeda motor listrik untuk bisa segera memenuhi permintaan masyarakat. Sebab, dia sudah mati-matian memperjuangkan pemberian subsidi yang nilai totalnya mencapai Rp7 triliun untuk sepeda motor dan mobil listrik itu.

Electric vehicle [kendaraan listrik] itu saya dorong habis-habisan. Saya kadang berkelahi dengan Kemenkeu. Mereka bilang, wah ini insentif. Ini kan carbon emission harus kita dorong, kasih insentif juga. Kita harus secepat mungkin membuang bus, sepeda motor, sama mobil yang karbon emisinya tinggi,” tuturnya.

Calon pembeli melihat motor listrik di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Selasa (9/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)