Logo Bloomberg Technoz

Gubernur BI: Transaksi BI Fast Hampir 1 Miliar Per Hari

Krizia Putri Kinanti
08 May 2023 15:25

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam acara Opening Ceremony of Ferstival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia 2023. (Tangkapan Layar Youtube BI)
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam acara Opening Ceremony of Ferstival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia 2023. (Tangkapan Layar Youtube BI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan transaksi transfer antar bank dengan sistem BI Fast mencapai hampir miliar trasaksi per hari. BI Fast merupakan bagian dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 yang diluncurkan 2019 lalu.

"BI sudah launching BI Fast yang sekarang sudah hampir 1 miliar transaksi per hari," ujar Perry Warjiyo, dalam acara Opening Ceremony Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI), Senin (8/5/2023).

BI Fast merupakan infrastruktur Sistem Pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat (24/7). BI Fast telah menjadi salah satu opsi pertama (default) dalam transfer antar bank di Indonesia.

Melanjutkan kesuksesan BI Fast, Perry mengatakan Bank Indonesia akan meluncurkan kartu kredit pemerintah. "Ini untuk membangun konektivitas digital sebagai satu nusa digitalisasi keuangan indonesia," kata Perry.

Ilustrasi rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Perry mengatakan saat ini pemerintah pusat, kementerian, lembaga, hingga pemerintah daerah (pemda) dapat menggunakan KKP dengan biaya transaksi nol persen. "Biaya untuk merchant itu lebih efisien. Dan ini sekaligus bagian dari bangga buatan Indonesia," katanya.