Logo Bloomberg Technoz

Daftar Bank yang Melayani Transaksi QRIS di Malaysia

Krizia Putri Kinanti
08 May 2023 14:10

Pelanggan memindai kode QR untuk pembayaran digital di warung makan di kawasan Sabang di Jakarta. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pelanggan memindai kode QR untuk pembayaran digital di warung makan di kawasan Sabang di Jakarta. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malaysia (BNM) pada hari ini meresmikan implementasi interkoneksi pembayaran antara RI dengan Malaysia menggunakan QR Code. Peluncuran ini merupakan tindak lanjut dari fase uji coba yang dilakukan sejak 27 Januari 2022. 

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan DuitNow QR adalah solusi kode QR nasional masing-masing untuk Indonesia dan Malaysia. Solusi ini memungkinkan pedagang untuk menerima pembayaran pelanggan dari berbagai lembaga keuangan yang berpartisipasi (bank dan penyedia sistem pembayaran) menggunakan kode QR terpadu.

Menurut BI kerja sama ini akan memperkuat hubungan ekonomi yang erat antara Indonesia dan Malaysia.  Hal tersebut akan mendukung pemulihan ekonomi pasca-pandemi yang lebih inklusif dan lebih kuat.

"Pada saat pariwisata internasional mendapatkan momentum, interkoneksi pembayaran diharapkan tidak hanya memberikan kenyamanan yang lebih besar bagi para wisatawan, tetapi juga memberikan manfaat bagi sektor pariwisata dan ritel kedua negara," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi, Senin (8/5/2023).

Adapun penyelenggara jasa pembayaran di Indonesia yang berpartisipasi sebagai acquirer antara lain: