Logo Bloomberg Technoz

Ada KTT Asean, Kunjungan Wisman Ditarget Naik 30% Sampai Juni

Rezha Hadyan
08 May 2023 12:20

Presiden Jokowi Cek Kesiapan Penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo, 25 April 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Cek Kesiapan Penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo, 25 April 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara dapat naik 20%—30% pada periode April sampai Juni 2023, didorong oleh beberapa perhelatan internasional seperti KTT Asean di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan wisatawan mancanegara (wisman) ke Labuan Bajo pada tahun ini ditargetkan menembus 1,1 juta kunjungan.

“Hal didukung dengan bandara baru dan interkoneksi yang lebih baik. Dengan adanya event KTT Asean ini, harapannya [kunjungan wisman] bisa naik 20%—30% pada peak season April, Mei, dan Juni 2023,” ujarnya saat ditemui, Senin (8/5/2023).

Bagaimanapun, dia tidak menampik kawasan Labuan Bajo juga memiliki keterbatasan dalam menampung kunjungan wisman, terlebih setelah kapasitas Taman Nasional Komodo dibatasi hanya untuk 200.000 wisatawan demi menjaga kualitasnya.

“Oleh karena itu, perlu dikembangkan destinasi wisata baru di sekitar Labuan Bajo agar wisata berkualitas di sana bisa tetap berkembang dan berkelanjutan,” ujar Sandi.