Logo Bloomberg Technoz

Polisi Tangkapi Pendemo Anti Monarki saat Penobatan Charles III

News
07 May 2023 11:45

Polisi menahan pedemo aktivis iklim Just Stop Oil saat penobatan Raja Charles III di London, Inggris, Sabtu (6/5/2023). (Hollie Adams/Bloomberg)
Polisi menahan pedemo aktivis iklim Just Stop Oil saat penobatan Raja Charles III di London, Inggris, Sabtu (6/5/2023). (Hollie Adams/Bloomberg)

Giulia Morpurgo

Bloomberg - Polisi Inggris menangkap beberapa orang yang dicurigai melakukan pelanggaran ketertiban umum di pusat kota London menjelang penobatan Raja Charles III.

Dalam insiden pertama, polisi menahan sejumlah orang di area Carlton House Terrace, sementara empat pengunjuk rasa juga ditahan di sekitar St. Martin's Lane. Tiga orang kemudian ditangkap di dekat Wellington Arch, kata Polisi Metropolitan di Twitter. Ketiga lokasi tersebut berada di dekat jalur prosesi penobatan.

Penangkapan itu terjadi ketika kelompok-kelompok aktivis anti-monarki berkumpul di ibu kota untuk memprotes penobatan Charles. Republik, sebuah kelompok kampanye yang menuntut perubahan sistem kerajaan menjadi negara dengan kepala negara dipilih, mengatakan bahwa pemimpinnya, Graham Smith, termasuk di antara mereka yang ditahan.

Pedemo anti-kerajaan melakukan aksi saat penobatan Raja Charles III di London, Inggris, Sabtu (6/5/2023). (Chris Ratcliffe/Bloomberg)

Organisasi pembela hak asasi manusia internasional, Human Rights Watch mengatakan penangkapan itu “sangat mengkhawatirkan,” sementara Amnesty UK mencatat bahwa hak untuk memprotes dilindungi oleh hukum internasional.