Logo Bloomberg Technoz

KTT Asean 2023, Kemenhub Cek Bandara Komodo hingga KM Sinabung

Fransisco Rosarians Enga Geken
06 May 2023 19:00

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau fasilitas transportasi untuk KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo, NTT. (Dok. Kementerian Perhubungan)
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau fasilitas transportasi untuk KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo, NTT. (Dok. Kementerian Perhubungan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melakukan peninjauan kesiapan sektor transportasi jelang perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42, 9-11 Mei 2023, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Salah satu lokasi yang menjadi perhatian utama adalah Bandara Komodo. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memastikan bandara yang akan menjadi tempat pendaratan pesawat utama tersebut siap menyambut para delegasi dan tamu negara.

"Beberapa hari lagi kita akan kedatangan banyak tamu dari ASEAN. Kalau dilihat persiapan kita sudah baik sekali. Bahkan warga (Labuan Bajo) juga turut menyambut gembira," ujar Budi dalam siaran pers kementeriannya, Sabtu (6/5/2023).

Bandara Komodo dalam kondisi siap melancarkan penerbangan VVIP dan Komersial selama perhelatan KTT Asean. Bandara dengan runway sepanjang 2.650 meter dan lebar 45 meter tersebut mampu melayani pesawat tipe A320 dan B738.

Luas apron Bandara Komodo pun mencapai 31.000 meter persegi yang bisa menjadi parking stand tujuh pesawat; dengan rincian empat pesawat narrow body dan tiga pesawat propeller.