Logo Bloomberg Technoz

Untung Rugi Ekonomi Inggris dari Penobatan Raja Charles III

News
06 May 2023 13:30

Antusiasme warga Inggris jelang penobatan Raja Charles III (Sumber: Bloomberg)
Antusiasme warga Inggris jelang penobatan Raja Charles III (Sumber: Bloomberg)

Ellie Harmsworth -- Bloomberg News

Bloomberg, Inggris akan memamerkan kemegahan upacara penobatan Raja Charles III, Sabtu (6/5/2023). Namun, apakah semua tradisi dan kemegahan itu akan menjadi keuntungan atau beban bagi perekonomian Inggris? 

Meskipun biaya sebenarnya tidak diungkapkan, sejumlah laporan media memperkirakan biaya Operasi Golden Orb - nama sandi untuk acara ini - mencapai £100 juta atau setara Rp1,85 triliun (£1 setara Rp18.547). Namun, menurut perkiraan, dampak yang ditimbulkan dari pariwisata dan bar, restoran, dan pub bisa mencapai ratusan juta poundsterling.

Pada sisi lain, acara penobatan ini diperkirakan akan menghabiskan biaya lebih banyak daripada yang dihasilkan. Hal ini tak merujuk pada biaya kereta kencana, akomodasi bagi para peserta, atau perlindungan polisi yang lebih ketat. Namun, biaya peluang yang hilang bagi perekonomian akibat hari libur nasional pada Senin (8/5/2023). 

Menurut Bloomberg Economics, tambahan hari libur nasional tersebut akan mendorong penurunan PDB sebesar 0,7% pada Mei 2023. "Pembunuhnya adalah hari libur bank - itulah yang mengurangi nilai ekonomi," kata David Haigh, kepala eksekutif Brand Finance. "Penobatan dikurangi hari libur bank adalah hal yang positif."