Logo Bloomberg Technoz

Raja berusia 74 tahun itu menyadari hal itu, dilihat dari pernyataan, penampilan, dan dekrit tujuh bulan pertamanya di atas tahta. Dalam siaran Natal perdananya, yang sering digunakan Ratu Elizabeth untuk pengamatan apolitis tentang perubahan tahun, Charles menyadari bahwa rakyatnya sedang berjuang untuk "membayar tagihan mereka, dan menjaga keluarga mereka tetap makan dan hangat."

Siaran itu dilengkapi dengan klip warga Inggris yang mengantre makanan, sebuah isu yang menjadi pusat tuduhan dan tudingan antara Sunak dan pemimpin Partai Buruh Keir Starmer di Parlemen. Niat Charles itu jelas: untuk menggambarkan seorang raja yang memahami penderitaan publik, dan memahami bahwa negara sedang berubah.

Ini bukan pertama kalinya monarki bergulat dengan krisis nasional. Penobatan Elizabeth pada tahun 1953 terjadi di saat Inggris masih menjatah makanan setelah Perang Dunia II.

"Saya hanya akan menggarisbawahi bahwa monarki menyediakan, dengan konstitusi, tingkat stabilitas jangka panjang yang sebenarnya cukup sulit didapat dengan cara lain," kata Putri Anne, saudara perempuan Charles, kepada CBC News Kanada.

Sementara suasana ekonomi telah mereda dalam beberapa bulan terakhir dan laju inflasi melambat, pertumbuhan Inggris tetap lamban dan negara tersebut meninjau kembali perannya di dunia setelah memutuskan hubungan dengan Uni Eropa. Pertanyaannya sekarang adalah apakah Charles berhasil memimpin monarki melalui transisi saat ini.

Harapan untuk pemerintahannya telah meningkat selama setahun terakhir, dengan 59% responden jajak pendapat YouGov yang dirilis Rabu mengatakan dia akan menjadi raja yang baik, dibandingkan dengan 32% pada tahun sebelumnya.

Sekitar 77% orang berusia 65 tahun atau lebih mendukung institusi tersebut, menurut temuan YouGov, sebagian besar tidak berubah dari satu dekade lalu.

Namun, hanya kurang dari sepertiga orang berusia 18 hingga 24 tahun mendukung mempertahankan monarki, atau sekitar setengah dari kelompok usia itu dibandingkan 10 tahun lalu.

Akankah kerjaan Inggris bertahan seabad lagi (Sumber: Bloomberg)

“Itu memang membuat dukungan goyah dan berkurang,” kata Anna Whitelock, profesor sejarah monarki di City University di London. “Pertanyaannya adalah apakah ia mengubah monarki dengan cara yang berarti.”

Graham Smith, pemimpin kelompok penghapusan monarki mengatakan dukungan untuk organisasinya meningkat, dengan sumbangan diharapkan hampir tiga kali lipat menjadi 300.000 poundsterling (Rp 5,5 miliar) tahun ini.

Ia merencanakan demonstrasi di London pada hari penobatan Charles, dengan sekitar 1.000 orang yang diharapkan akan mengenakan kaus kuning dan meneriakkan "Bukan Rajaku".

Warga Inggris yang menentang kerajaan (Sumber: Bloomberg)

“Kurangnya dukungan untuk monarki bersifat pribadi baginya, Charles, sebagian bersifat pribadi baginya, Elizabeth, karena dia adalah monarki,” katanya.

"Beberapa orang melihatnya agak aneh jika dilakukan tanpa dia [Elizabeth].”

(bbn)

No more pages