Logo Bloomberg Technoz

Divisi semikonduktornya, yang biasa membukukan angka terbesar, membukukan kerugian sebesar 4,58 triliun won yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Industri cip memori kemungkinan telah melewati masa terburuk dari permintaan yang lemah. Penjualan memori kelas atas akan terus mendukung kantong permintaan, terutama di semester 2 2023 karena peluncuran smartphone baru dan perluasan permintaan AI." ujar Eli Lee, kepala strategi investasi di Bank of Singapore dikutip dari Bloomberg News, Kamis (27/4/2023).

Samsung berencana untuk mempertahankan investasi 2023 dalam cip memori pada tahun lalu dalam upaya untuk melindungi daya saing jangka panjangnya. Meskipun menjanjikan pemotongan dalam produksi semikonduktor, pengurangan itu bertujuan untuk menstabilkan harga cip yang jatuh.

Di sisi lain, Samsung berhasil bertahan dalam penurunan selama Maret. Hal ini disebabkan oleh keberhasilan seri ponsel Galaxy S23 yang baru melawan kemerosotan penjualan smartphone secara keseluruhan. Divisi seluler membukukan laba operasi sebesar 3,9 triliun won pada kuartal tersebut.

Dalam jangka panjang, para investor tetap fokus pada bagaimana konflik AS-China dapat memengaruhi industri ini.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol sedang mengunjungi AS pekan ini dan diskusi kemungkinan akan berpusat pada peran Korea dalam pembatasan ekspor AS ke China, bagian dari upaya Washington untuk menahan saingan politiknya.

Blokade pengiriman peralatan pembuat cip oleh AS dan sekutunya akan mengancam operasi memori Samsung di China.

“AS akan mengumpulkan pendapat dan umpan balik dari industri dan juga melakukan negosiasi dengan masing-masing perusahaan. Kami sedang mempelajari berbagai kemungkinan dan skenario dan akan terus bekerja untuk meminimalkan risiko geopolitik terhadap bisnis kami,“ kata Ben Suh, kepala hubungan investor perusahaan.

—Dengan asistensi Vlad Savov, Min Jeong Lee, Debby Wu, Gao Yuan, dan Youkyung Lee.

(bbn)

No more pages