Logo Bloomberg Technoz

Bawa 328 WNI, Bus Evakuasi Tahap 2 di Sudan Alami Kecelakaan

Fransisco Rosarians Enga Geken
26 April 2023 21:15

Evakuasi WNI yang berada di Sudan. Mereka akan naik kapal laut dari Pelabuhan Sudan ke Jeddah, Arab Saudi. (Dok. Kemenlu)
Evakuasi WNI yang berada di Sudan. Mereka akan naik kapal laut dari Pelabuhan Sudan ke Jeddah, Arab Saudi. (Dok. Kemenlu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Luar Negeri juga melaporkan telah berhasil membawa 328 WNI yang tersisa di Khartoum, Ibu Kota Sudan. Tim evakuasi yang dipimpin empat staf KBRI Khartoum tersebut membawa para WNI ini dengan tujuh bus. Mereka harus melalui Kota Atbara dan Kota Sawakin untuk menuju Port Sudan.

Dalam proses evakuasi, satu dari tujuh bus mengalami kecelakaan tunggal. Pengemudi diduga mengalami kelelahan sehingga kehilangan fokus saat melewati jalan raya yang rusak berat di Kota Atbara. Bus pun meluncur dan terperosok ke luar jalur jalan raya.

"Kecelakaan ini menyebabkan 3 WNI mengalami luka-luka," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seperti dilansir lembaganya, Rabu (26/4/2023).

Menurut dia, tiga WNI tersebut telah dibawa ke sebuah rumah sakit di Kota Port Sudan. Mereka sedang menjalani perawatan. Kemenlu pun terus berkoordinasi dengan tim dokter agar seluruh WNI tersebut bisa segera pulih dan melanjutkan perjalanan evakuasi ke Jeddah, Arab Saudi.

"Selain WNI, evakuasi tahap kedua ini kita juga membawa 7 WNA (warga negara asing), yaitu 6 orang WN Australia dan 1 orang WN Sudan," kata Retno.