Logo Bloomberg Technoz

Nama Ganjar Pranowo memang termasuk capres yang elektabilitasnya tinggi dibandingkan capres lainnya. Meski pada April setelah isu pembatalan Piala Dunia U-20 2023, elektabilitas Ganjar yang diukur sejumlah lembaga survei turun dibandingkan hasil pada Januari-Maret 2023. Diketahui Ganjar termasuk gubernur yang menolak kehadiran tim Israel bermain di Indonesia.

PDIP diketahui sebelumnya yang terakhir menggadang nama calon presiden karena memang partai tersebut tidak perlu berkoalisi karena memenuhi syarat presidential treshold 'ambang batas presiden'. 

Sementara koalisi-koalisi yang sudah terbentuk sudah menggemborkan sejumlah nama capres. Tiga koalisi yang ada yakni Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, PAN dan PPP yang menggadang sejumlah nama termasuk Airlangga Hartarto. Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yakni antara Partai Gerindra dan PKB menggadang nama Prabowo. Koalisi Perubahan yang didirikan Partai NasDem, PKS dan Partai Demokrat sudah mendeklarasikan Anies Baswedan.

(ezr)

No more pages