Logo Bloomberg Technoz

Tianqi Gagal Caplok Produsen Lithium Australia

News
21 April 2023 15:10

Fasilitas proses The Tianqi Lithium di Kwinana, Western Australia. Fotografer: Carla Gottgens/Bloomberg
Fasilitas proses The Tianqi Lithium di Kwinana, Western Australia. Fotografer: Carla Gottgens/Bloomberg

Annie Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Tianqi Lithium Corp., perusahaan asal China membatalkan penawaran akuisi atau pengambilalihan perusahaan eksplorasi Australia Essential Metals Ltd (AEM). Rencana tersebut gagal karena tidak mendapatkan dukungan yang cukup dari para pemegang saham AEM. 

Sebelumnya nilai transaksi yang ditawarkan Tianqi untuk membeli AEM senilai 136 juta dolar Australia (US$91 juta) atau setara Rp1,36 triliun. Informasi ini disampaikan Tianqi pada Kamis (20/4/2023) malam ke otoritas Bursa Efek Shenzhen. AEM sekarang bebas untuk terlibat dengan pihak lain untuk memajukan proyek Pioneer Dome menuju produksi, perusahaan yang berbasis di Perth ini mengatakan pada hari Jumat. 

Langkah ini dilakukan karena para penambang global bergegas untuk mengamankan deposit lithium, yang sangat diminati karena penggunaannya dalam baterai kendaraan listrik. Konsumsi diperkirakan akan melonjak sembilan kali lipat pada tahun 2050, menurut BloombergNEF.

Liontown Resources Ltd, pengembang Australia lainnya, bulan lalu menolak tawaran tunai senilai 5,5 miliar dolar Australia dari Albemarle Corp, produsen logam terbesar di dunia, dengan alasan bahwa tawaran tersebut terlalu rendah.