Logo Bloomberg Technoz

Bandara Komodo NTT Layani Penerbangan Luar Negeri Awal Mei

Ezra Sihite
19 April 2023 15:30

Bandar Udara Komodo di Labuan Bajo (Dok Kemenhub)
Bandar Udara Komodo di Labuan Bajo (Dok Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bandar Udara (Bandara) Komodo di Labuan Bajo Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) segera melayani penerbangan dari dan ke luar negeri selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN. Hal ini diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 33 Tahun 2023. Penetapan berlaku mulai 2-18 Mei 2023 dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bertugas melakukan pengawasan.

Dirjen Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan, dengan adanya penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 yang digelar pada 9-11 Mei 2023 maka Bandara Komodo telah ditetapkan untuk bisa melayani penerbangan dari dan ke luar negeri.

"Untuk itu kami perlu mempersiapkan sarana dan prasarana Bandara Komodo dalam melayani penerbangan internasional guna mendukung kelancaran  acara tersebut,” ujar Kristi di Jakarta sebagaimana keterangan pers yang dikirimkan pada Rabu (19/4/2023).

Beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh penyelenggara Bandar Udara Komodo yaitu terpenuhinya persyaratan keselamatan dan keamanan dan pelayanan sebagai bandar udara yang melayani penerbangan dari dan ke luar negeri. Kemudian harus tersedianya unit kerja dan personel yang bertanggung jawab untuk pelaksanaan kegiatan kepabeanan, keimigrasian dan kekarantinaan. Pula harus melakukan publikasi aeronautika sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.   

Untuk pengaturan operasional penerbangan selama penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN tersebut telah diterbitkan pula Surat Edaran (SE) Nomor SE 6 Tahun 2023 tentang rangkaian kegiatan berjalan dengan aman, tertib dan lancar serta meminimalisir dampak gangguan terhadap pelayanan penerbangan.