Logo Bloomberg Technoz

Mudik Lebaran 2023, Ada 488 Lokasi Isi Daya Mobil Listrik

Fransisco Rosarians Enga Geken
18 April 2023 17:30

Aktivitas pengisian daya mobil listrik. (Dok ilustrasi/Bloomberg)
Aktivitas pengisian daya mobil listrik. (Dok ilustrasi/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah menambah jumlah charging stasion atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sepanjang jalur mudik Lebaran 2023. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat sudah adalah 842 mesin charging station di 488 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk tempat peristirahatan atau rest area pada rute mudik.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, M.P. Dwinugroho mengatakan, keberadaan SPKLU ini memang dalam rangka menopang kebutuhan pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Dia menyebutkan, jumlah kendaraan maupun mobil listrik di Indonesia terus bertambah, terutama mobil atau roda empat.

"Kendaraan listrik pun jadi salah satu transportasi yang digunakan untuk mudik, untuk itu kami mendorong penambahan SPKLU di sejumlah titik khususnya rest area di Tol Jawa dan Sumatera," ujar Nugroho dalam keterangan resmi Kementerian ESDM, Selasa (18/4/2023).

Seluruh SPKLU tersebut dikelola PT PLN (persero) yakni instalasi privat di lokasi publik dan charging station kendaraan umum. Selain direst area, beberapa lokasi lainnya seperti hotel, pusat perbelanjaan, dan kantor pemerintahan.

Saat ini, tersedia 21 titik pengisian baterai kendaraan listrik yang tersebar di ruas tol dari Merak hingga Probolinggo. Pada lokasi tersebut tersedia berbagai jenis teknologi Infrastruktur pengisian listrik roda empat, mulai Slow Charging, Medium Charging, Fast Charging, hingga Ultra Fast Charging