Logo Bloomberg Technoz

Produsen Komputer Apes, Penjualan PC Dunia Merosot 29%

News
10 April 2023 18:42

MacBook Apple (Sumber: Bloomberg)
MacBook Apple (Sumber: Bloomberg)

Vlad Savov - Bloomberg News

Bloomberg, Penjualan perangkat komputer personal atau personal computer (PC) dunia anjlok pada kuartal I-2023. Hal ini menandai awal yang sulit bagi para produsen peranti keras yang masih berkutat dengan stok yang belum terjual.

Menurut laporan terbaru International Data Corporation (IDC), penjualan PC di seluruh dunia oleh seluruh produsen secara gabungan merosot 29% menjadi 56,9 juta unit — dan turun di bawah level pada awal 2019 — karena berhentinya lonjakan permintaan yang didorong oleh budaya kerja jarak jauh sejak adanya pandemi.

Di antara para pemimpin di pasar, penjualan Apple Inc.’s turun paling besar, yaitu 40,5% pada kuartal pertama tahun ini. Lenovo Group Ltd. dan Dell Technologies Inc. mencatat penurunan lebih dari 30%, sementara HP Inc. turun 24,2%. Tidak ada merek besar yang terhindar dari perlambatan tersebut. Asustek Computer Inc. pun melengkapi 5 besar dengan penurunan 30,3%.

Pasar PC anjlok di kuartal I 2023 (Sumber: Bloomberg)

Lambatnya belanja konsumen selama setahun terakhir telah menyebabkan penurunan dua digit dalam pengiriman ponsel pintar dan menumpuknya stok para pemasok cip memori terkemuka dunia.