Logo Bloomberg Technoz

Samsung Electronics Co., yang menyediakan memori untuk perangkat portabel serta PC desktop dan komputer jinjing (laptop), pekan lalu mengatakan memangkas produksi memori mereka setelah melaporkan laba tertipis sejak krisis keuangan 2009.

“Meskipun stok untuk peritel telah habis dalam beberapa bulan terakhir, itu masih jauh di atas kisaran empat hingga enam pekan yang sehat,” kata Jitesh Ubrani, manajer riset IDC.

“Bahkan, dengan diskon besar-besaran, peritel dan produsen PC dapat memperkirakan peningkatan stok akan bertahan hingga pertengahan tahun dan berpotensi hingga kuartal ketiga.”

Sepinya permintaan ini, meski begitu, ada hikmahnya. "Produsen jadi punya waktu dan ruang untuk melakukan perubahan karena banyak pabrik mulai menjajaki opsi produksi di luar China," kata IDC dalam laporan tersebut.

Apple secara bertahap mendiversifikasi lokasi basis manufakturnya karena ketegangan yang meningkat antara Washington dan Beijing, yang mengancam timbulnya gangguan rantai pasokan.

Para peneliti IDC meramalkan potensi kebangkitan bagi pembuat PC adalah pada tahun 2024, yang didorong oleh kombinasi dari permintaan untuk mengganti perangkat lama dan ekonomi global yang membaik.

--Dengan asistensi Gao Yuan.

(bbn)

No more pages