Logo Bloomberg Technoz

Apple Diam-diam Rambah Bisnis Film Bioskop, Anggarkan Rp 15,1 T

News
24 March 2023 12:30

Pembeli melewati toko Apple Inc. pada Black Friday di Berlin, Jerman, pada Jumat, 25 November 2022. (Krisztian Bocsi/Bloomberg)
Pembeli melewati toko Apple Inc. pada Black Friday di Berlin, Jerman, pada Jumat, 25 November 2022. (Krisztian Bocsi/Bloomberg)

Thomas Buckley dan Lucas Shaw - Bloomberg News

Bloomberg - Apple Inc. berencana untuk menghabiskan US$1 miliar per tahun atau setara Rp 15,1 triliun (asumsi Rp 15.100/US$) untuk memproduksi film-film yang akan dirilis di bioskop. Ini bagian dari rencana ambisius perusahaan untuk meningkatkan reputasi di Hollywood dan memikat pelanggan ke layanan streaming-nya.

Menurut sumber Bloomberg News yang mengetahui rencana ini, Apple telah mendekati studio-studio film untuk bermitra dalam merilis beberapa judul film di bioskop tahun ini dan sejumlah film lainnya di tahun-tahun mendatang.

Daftar film yang berpotensi untuk dirilis termasuk Killers of the Flower Moon karya Martin Scorsese, yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio; film thriller mata-mata Argylle, dari sutradara Matthew Vaughn; dan Napoleon, film drama Ridley Scott tentang penakluk Prancis. Juru bicara Apple menolak berkomentar.

Ilustrasi studio bioskop. (Photo by Tima Miroshnichenko via pexels.com)

Ini merupakan peningkatan investasi yang signifikan bagi Apple ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Sebagian besar film orisinal Apple hanya tersedia secara eksklusif di layanan streaming. Apple pun telah berjanji untuk menayangkan film di ribuan bioskop setidaknya selama satu bulan, kata sumber Bloomberg News, meskipun mereka belum menyelesaikan rencana apa pun.