Logo Bloomberg Technoz

Mulai Hari Ini Bisa Daftar Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal

Ezra Sihite
23 March 2023 18:04

Para pemotor di pelabuhan akan menyeberang (Dok Humas Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub)
Para pemotor di pelabuhan akan menyeberang (Dok Humas Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut tahun ini kembali mengadakan program mudik gratis untuk sepeda motor dengan menggunakan kapal laut. Hal ini kata Kemenhub dilakukan untuk mengurangi potensi kecelakaan pengguna sepeda motor di jalan raya.

“Selain untuk menurunkan tingkat kepadatan di jalan raya dan menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan bagi pengemudi motor, mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini sebagai bentuk pengenalan kepada masyarakat bahwa kapal laut bisa sebagai moda alternatif untuk mudik lebaran,” ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Hendri Ginting sebagaimaa keterangan pers yang dikirimkan pada Kamis (23/3/2023).

Pada 2023 diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah pemudik. Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan melalui survei mendapatkan data bahwa bahwa tahun ini, jumlah pemudik berjumlah 123,8 juta orang. Angka itu naik jika dibandingkan pada 2022 sebesar 85,5 juta orang. 

“Dengan diprediksikannya peningkatan jumlah pemudik pada tahun 2023 ini, kami harap dengan adanya mudik gratis ini dapat memberikan dampak yang positif,” kata Hendri.

Pendaftaran dan registrasi mudik motor gratis akan dilakukan secara online melalui https://mudikgratis.dephub dibuka hari ini, 23 Maret 2023 hingga 5 April 2023 dengan verifikasi pendaftaran akan dilakukan pada 25 Maret 2023 – 7 April 2023.